Izinesia.id – Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Setiap perusahaan wajib memiliki Tanda Daftar Perusahaan (TDP) baik berbentuk badan hukum, koperasi, perorangan, dll.

Setiap perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Koperasi, Persekutuan Komanditer (CV), Firma (Fa), Perorangan, dan Bentuk Usaha Lainnya (BUL), termasuk Perusahaan Asing dengan status Kantor Pusat, Kantor Tunggal, Kantor Cabang, Kantor Pembantu, Anak Perusahaan, Agen Perusahaan, dan Perwakilan Perusahaan yang berkedudukan dan menjalankan usahanya di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib didaftarkan dalam daftar perusahaan.

Pendaftaran wajib dilakukan oleh pemilik atau pengurus perusahaan, atau dapat diwakilkan kepada orang lain dengan memberi surat kuasa.

Tanda Daftar Perusahaan berlaku selama Perusahaan tersebut masih beroperasi dan wajib didaftarkan ulang setiap 5 (lima) tahun.

Perusahaan yang dikecualikan dari Wajib Daftar Perusahaan adalah :

  • Setiap perusahaan yang berbentuk jawatan (Perjan).
  • Perusahaan kecil perorangan yang tidak memerlukan izin usaha

Dasar Hukum :

  • Undang-undang Republik Indonesia No. 3 tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan
  • Peraturan Daerah Kabupaten Sleman No. 14 tahun 2002 tentang Wajib Daftar Perusahaan.
  • Surat Keputusan Menperindag No:596/MPP/Kep/9/2004 tentang Standart Penyelenggaraan Wajib Daftar Perusahaan

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah bukti bahwa suatu perusahaan atau badan usaha telah melakukan kewajibannya melakukan pendaftaran perusahaan dalam Daftar Perusahaan. Kewajiban melakukan pendaftaran dalam Daftar Perusahaan diatur dalam Undang-undang No. 3 Tahun 1982 Tentang Wajib Daftar Perusahaan, khususnya Pasal 5. Menurut Pasal tersebut, “Setiap perusahaan wajib didaftarkan dalam Daftar Perusahaan”. Pendaftaran wajib dilakukan oleh pemilik atau pengurus perusahaan yang bersangkutan, atau dapat diwakilkan kepada orang lain dengan surat kuasa.

Pada prinsipnya Daftar Perusahaan bertujuan untuk mencatat keterangan dari suatu perusahaan, dan merupakan sumber informasi resmi untuk pihak-pihak yang berkepentingan. Keterangan itu dapat meliputi identitas dan keterangan lainnya tentang perusahaan. Perlunya Daftar Perusahaan adalah untuk menjamin kepastian berusaha. Setiap pihak yang berkepentingan, setelah memenuhi biaya administrasi yang ditetapkan, berhak untuk memperoleh keterangan yang diperlukan dengan cara mendapatkan salinan atau petikan resmi dari keterangan yang tercantum dalam Daftar Perusahaan. Petikan resmi itu dapat diperoleh dari kantor pendaftaran perusahaan.

Perusahaan yang wajib didaftar dalam Daftar Perusahaan adalah badan usaha yang berbentuk Badan Hukum, Koperasi, Persekutuan (Komanditer/CV, Firma), dan Perorangan. Bentuk badan usaha tersebut termasuk di dalamnya kantor cabang, kantor pembantu, anak perusahaan serta agen dan perwakilan. Khusus Perusahaan Kecil Perorangan yang dijalankan secara pribadi, mempekerjakan hanya anggota keluarga terdekat, tidak memerlukan izin usaha, dan bukan merupakan suatu badan hukum atau suatu persekutuan dikecualikan dari wajib Daftar Perusahaan.

Pendaftaran perusahaan dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran yang ditetapkan. Penyerahan formulir dilakukan pada kantor pendaftaran perusahaan di tempat kedudukan kantor perusahaan atau di tempat kedudukan setiap kantor cabang, kantor pembantu perusahaan atau kantor anak perusahaan. Jika perusahaan tidak dapat didaftarkan di tempat-tempat tersebut, karena misalnya tidak tersedia sarana pendaftarannya, maka pendaftaran dilakukan pada kantor pendaftaran perusahaan di Ibukota Provinsi tempat kedudukan perusahaan. Pendaftaran wajib dilakukan dalam jangka waktu 3 bulan setelah perusahaan mulai menjalankan usahanya.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan, melalui kantor pendaftaran setempat, bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan Daftar Perusahaan. Menteri Perdagangan dan Perindustrian menetapkan kedudukan kantor-kantor pendaftaran tersebut beserta susunan serta tata cara penyelenggaraan Daftar Perusahaan. Dalam jangka waktu 3 bulan setelah menerima formulir pendaftaran yang telah diisi, pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan menetapkan pengesahan atau penolakan. Apabila pejabat yang berwenang mengetahui bahwa pendaftaran oleh pengusaha yang bersangkutan telah dilakukan secara tidak sah atau secara tidak lengkap atau secara tidak benar atau bertentangan dengan ketertiban umum atau dengan kesusilaan, pejabat tersebut dapat menolak pendaftaran dengan menyebutkan alasan-alasannya dan memberikan kesempatan kepada pengusaha yang bersangkutan untuk mengadakan pembetulan atau pendaftaran ulang. Pihak yang ditolak pendaftarannya dapat mengajukan keberatannya.

Kepada Perusahaan yang telah disahkan pendaftarannya dalam Daftar Perusahaan diberikan Tanda Daftar Perusahaan yang berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun. Apabila Tanda Daftar Perusahaan hilang, pengusaha berkewajiban untuk mengajukan permintaan tertulis kepada kantor pendaftaran perusahaan untuk memperoleh penggantinya dalam waktu selambat-lambatnya 3 bulan setelah kehilangan.

Penulis : Team Izinesia

baca juga artikel terkait : bimbel persiapan masuk ptn ui, bimbel les privat masuk itb terbaik, les privat simak ui, bimbel les privat masuk unpad terbaik, bimbel masuk ugm terbaik, bimbel simak ui, bimbel les privat simak ui s2 s3 magister kenotariatan pascasarjana doktoral, les privat simak ui, bimbel utbk, bimbel kedokteran fk ui, Bimbel CPNS di Jakarta Bogor Depok Tangerang Selatan Bekasi BSD Bintaro, Bandung murah terbaik, LES PRIVAT CPNS OFFLINE/ONLINE murah, bimbel utbk, les privat utbk, bimbel les privat utbk murah offline online bandung cikarang karawang, bimbel les privat utbk banten bsd alam sutera murah offline, BIMBEL LES PRIVAT UTBK BEKASI murah, BIMBEL LES PRIVAT simak ui BEKASI murah, BIMBEL LES PRIVAT UTBK PEKANBARU OFFLINE/ONLINE, LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE PEKANBARU RIAU TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT UTBK BOGOR murah, LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE BOGOR murah TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT UTBK DEPOK murah offline online, bimbel LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE DEPOK murah TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT SIMAK KKI UI OFFLINE/ONLINE murah, LES PRIVAT SIMAK UI S1, S2 & S3 OFFLINE/ONLINE murah jakarta, BIMBEL LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE JAKARTA TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT UTBK JAKARTA OFFLINE/ONLINE, BIMBEL LES PRIVAT UTBK MAKASSAR murah, BIMBEL LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE MAKASAR TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT UTBK MEDAN murah, BIMBEL LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE MEDAN TERBAIK murah, BIMBEL LES PRIVAT UTBK PALEMBANG murah, BIMBEL LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE PALEMBANG TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT UTBK SURABAYA, BIMBEL LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE SURABAYA TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT UTBK TANGERANG, BIMBEL LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE TANGERANG TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT UTBK YOGYAKARTA, BIMBEL LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE YOGYAKARTA TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT UTBK BANDA ACEH OFFLINE/ONLINE, LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE BANDA ACEH TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT UTBK LAMPUNG OFFLINE/ONLINE, LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE BANDAR LAMPUNG TERBAIK, BIMBEL LES PRIVAT UTBK SEMARANG OFFLINE/ONLINE, LES PRIVAT SIMAK UI OFFLINE/ONLINE SEMARANG TERBAIK, bimbel les privat kedokteran fkg unpad terbaik, bimbel kedokteran fkg ugm terbaik, bimbel les privat kedokteran fkg ui, bimbel simak ui, bimbel simak ui s2, bimbel masuk ptn, bimbel masuk ui, bimbel masuk ptn, bimbel masuk ui, bimbel tni, bimbel polri, bimbel bintara tni polri, bimbel akpol, bimbel akmil, bimbel ipdn

Open chat
1
Salam Hormat Kami izinesia.id